Thursday, September 14, 2017

Tips Agar Android Tidak Lemot



Android yang tiba-tiba lemot tentu membuat Anda kesal. Apalagi jika Anda sedang membutuhkannya untuk melakukan pekerjaan tertentu. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini, Berikut ini adalah beberapa tips agar android tidak lemot yang bisa Anda coba.

Perhatikan Memori Android Anda
Salah satu penyebab kinerja android menjadi lambat adalah memori internal yang penuh. Setiap jenis android atau smartphone dibekali dengan spesifikasi yang berbeda. Pastikan Anda mengetahui spesifikasi memori internal android yang Anda miliki. Sebaiknya Anda menggunakan memori eksternal atau memanfaatkan aplikasi penyimpanan data online untuk menyimpan file. Sisakan ruang memori yang cukup agar android Anda tidak lemot.

Jangan Terlalu Banyak Menginstal Aplikasi
Banyaknya aplikasi unik dan menarik di Google Play Store, tentu membuat Anda tertarik untuk mencobanya. Tapi perlu diingat, sebaiknya Anda tidak terlalu banyak menginstal aplikasi. Pilihlah aplikasi yang paling Anda butuhkan dan segera hapus aplikasi yang jarang Anda gunakan. Rajin-rajinlah membaca review aplikasi pada blog-blog yang membahas aplikasi tertentu. Jangan sampai terjebak menginstal aplikasi yang fungsinya hampir sama dengan yang sudah Anda miliki.

Bersihkan Cache Data
Cache merupakan tempat penyimpanan data sementara dari aplikasi yang Anda gunakan. Apabila Anda tidak rajin membersihkan cache, maka data akan terus menumpuk. Keuntungan dari cache ini adalah Anda bisa cepat membuka aplikasi yang pernah Anda gunakan. Tapi ini juga bisa memberikan kerugian bagi Anda. Tumpukan cache yang belum terhapus akan membuat kinerja android Anda semakin berat.

Cara untuk menghapus cache adalah sebagai berikut. Bukalah menu settingsapps - all kemudian cari aplikasi yang hendak Anda bersihkan cache-nya. Pilih opsi clear cache. Anda juga dapat membersihkan cache secara sekaligus. Caranya, buka menu settings - storage - cached data lalu klik OK saat ada pop up.

Rajin Update Software
Jika Anda masih sering mengabaikan pemberitahuan untuk update software, sebaiknya Anda berpikir ulang. Segera update software Anda begitu ada pemberitahuan. Biasanya, update terbaru bertujuan untuk memperbaiki kinerja android sebelumnya.
Anda bisa melakukan update dengan cara membuka menu settings - about - system update. Setelah itu, pilih opsi check for updates. Selain update software, Anda juga perlu rajin memperbarui aplikasi Anda. Buka Google Play Store, kemudian pilih opsi my apps, setelah itu update aplikasi Anda.

Matikan Sinkronisasi Otomatis
Tips agar android tidak lemot lainnya adalah matikan sinkronisasi otomatis. Memang fitur ini bisa sangat membantu Anda terhubung dengan semua akun di android Anda. Tapi di sisi lain, dampak sinkronisasi otomatis adalah memperberat kinerja Android Anda.
Jangan khawatir, jika sinkronisasi otomatis dimatikan, Anda tetap bisa membuka aplikasi secara manual. Agar android Anda tetap terhubung pada saat penting, Anda dapat menggunakan aplikasi Accounts Sync Profiler atau MacroDroid - Device Automation. Aplikasi ini dapat Anda unduh di Google Play Store. Aplikasi ini tidak hanya meringankan kinerja android, tetapi juga bisa menghemat pemakaian baterai.

Kurangi  Widget Pada Layar Utama
Widget di layar utama tentu akan membuat android Anda semakin menarik. Selain itu, widget juga berfungsi sebagai jalan pintas untuk membuka berbagai aplikasi android Anda. Tapi perlu Anda ketahui, penggunaan widget juga berdampak pada kinerja android. Semakin banyak widget yang Anda pasang di layar utama, konsumsi RAM akan semakin besar. Hal ini bisa membuat android Anda menjadi lemot. Oleh karena itu, batasi pemasangan widget pada android Anda.


Demikianlah beberapa tips agar android tidak lemot. Silakan Anda praktekkan pada android Anda masing-masing dan rasakan perbedaannya. Selamat mencoba.

Artikel Terkait

7 comments

Komeng pertama ane amankan dulu ea :v

Betewe, cara yang paling ampuh dalam mengatasi android lemot adalah Upgdare RAM :v

bisa di coba nih kebetulan android ane lemot banget

Cocok nih buat Ram ane yg cuma 2 gb tapi lemotnya udah pake banget

ada 1 hal lagi gan yang kurang, yaitu sebaiknya HH kita setiap hari dimatikan waktu tidur, biar waktu dihidupkan lagi pagi-pagi jdi fresh hpnya seperti kita eyaa :D. salam dari hujan-tips

mantap , kalo hp ane jadi lemot tak cobanya gan . alhamdulillah masih lanjay

biasanya chace data tuh yang bikin memori full, dan ahirnya lemot.


EmoticonEmoticon