Saturday, September 16, 2017

5 Cara Mengatasi Wifi Android Yang Tidak Dapat Terhubung



Jaringan Wifi sudah sangat tidak asing bagi para pengguna Internet di negeri tercinta ini. Walaupun dulu orang masih saja mengandalkan Modem sebagai sarana mengakses internet, tapi sekarang sudah tidak ribet harus pakai modem lagi, karena hampir diseluruh area perkotaan pasti sudah memiliki jaringan Wifi.

Hampir di setiap Cafe atau Restaurant, Wifi sepertinya sudah menjadi kata wajib. Karena semakin meningkatnya pengguna internet di indonesia, para pemilik usaha pun memancing para pengguna dengan memberikan Wifi gratis, tentu saja jika si pengguna mau membeli produk si pemilik usaha, maka password wifi pun akan diberikan.

Bukan hanya itu, Wifi Corner yang memberikan layanan jaringan ke Wifi ID juga semakin banyak di indonesia. Jadi para pelajar menjadi sangat terbantu, karena tidak perlu pergi ke warnet lagi untuk mendownload maupun mengerjakan tugas.

Tentu saja hal ini menjadi satu keuntungan bagi para pengguna Smartphone. Karena mereka bisa tetap internetan walaupun tidak memiliki paket internet. Ataupun untuk yang ingin menghemat paketnya, maka wifi menjadi salah satu jalan keluar yang terbaik.

Tetapi bagaimana jika masalahnya terletak pada perangkat Android kamu yang wifinya tidak bisa terhubung?
Bagaimana cara mengatasinya?

Berikut ini CybeRobin.com sudah merangkum 5 Cara Mengatasi Wifi Android Yang Tidak Dapat Terhubung.

Silahkan disimak hingga akhir.

1. Periksa Koneksi Jaringan
Hal yang pertama harus kamu lakukan jika Android tidak dapat terhubung ke jaringan Wifi adalah dengan cara memastikan bahwa fitur Wifi tersebut benar-benar sudah diaktifkan.
Karena tidak mustahil si pengguna Android lupa untuk menyalakan wifinya, ataupun secara tidak sengaja mematikan fitur wifinya.

Dan pastikan juga fitur Mode Pesawat (Airplane Mode) di Android kamu tidak sedang aktif. Karena tentu saja jika fitur ini aktif, maka otomatis fitur Wifi juga akan ikut mati, dan kamu tidak dapat terhubung ke internet.

Jika 2 hal mendasar diatas tidak menjadi masalah di Android kamu, maka silahkan coba cara selanjutnya.

2. Pastikan Nama Router dan Password Tepat



Hal mendasar kedua yang harus kamu pastikan adalah tidak terhubung dengan jaringan Wifi yang salah.

Pastikan secara benar perangkat Android kamu sudah masuk ke jaringan wifi yang benar, apalagi untuk pengguna Mobile Wifi (MiFi).
Karena terkadang seorang pengguna lain juga membuat jaringan wifi yang namanya mirip dengan nama wifi yang ingin kamu hubungkan.

Jika sudah terhubung dengan Router/Jaringan Wifi yang tepat, maka kamu juga harus memastikan apakah jaringan wifi tersebut menggunakan password atau tidak.
Karena jika kamu belum mengkonfirmasi penggunaan password ke penyedia layanan Wifi, maka tentu saja jaringan wifi tidak akan dapat terhubung.

Dan terkadang bisa saja password yang kamu hubungkan dengan jaringan wifi tersebut salah, karena itu jaringan wifi tidak dapat diakses.
Maka cobalah untuk melupakan jaringan wifi tersebut, lalu hubungkan kembali dan masukkanlah password yang benar/ yang baru diubah.

3. Restart Perangkat atau Router
Apabila kedua cara diatas tidak berhasil, maka cara ketiga yang bisa kamu lakukan adalah Me-Restart perangkat Android kamu.
Cobalah Restart perangkat dan tunggu hingga hidup kembali, lalu coba lagi untuk menghubungkan ke jaringan wifi tersebut.

Cara ini juga berlaku untuk yang menggunakan Jaringan Wifi sendiri ataupun MiFi.

Cobalah Restart perangkat MiFi kamu, lalu coba hubungkan kembali dengan perangkat Android yang kamu miliki.

Walaupun terlihat sederhana, tetapi cara yang satu ini sudah menjadi salah satu cara yang paling banyak dicoba para pengguna Android jika perangkat mereka tidak terhubung ke jaringan wifi.
Maka mereka akan selalu mencoba merestart perangkatnya, dan mencoba kembali.

4. Coba Hapus Jaringan Yang Terdeteksi



Cara selanjutnya untuk menyelesaikan masalah Wifi yang tidak dapat terhubung adalah dengan mencoba untuk Melupakan (Forget) jaringan Wifi tersebut.

Cara ini juga terkadang menjadi cara yang paling manjur untuk mengatasi jaringan wifi yang tidak bisa terhubung, ataupun yang bermasalah dengan koneksi internetnya.
Caranya kamu hanya tinggal mengeklik jaringan wifi tersebut, lalu pilih menu Forget atau Lupakan Jaringan.

Setelah jaringan Wifi tersebut sudah dilupakan, kamu tidak harus Move On dan mencari penggantinya.
Kamu hanya perlu mencoba kembali menghubungkan perangkat dengan jaringan wifi tersebut, termasuk juga masukkan ulang passwordnya (jika menggunakan password).

5. Lakukan Factory Reset



Cara ini adalah cara terakhir yang harus dilakukan, karena menjadi cara yang paling Ekstrem dan juga cukup berbahaya bagi perangkat.
Cara ini juga bisa kamu lakukan jika sudah sangat Prustasi karena sudah menggunakan cara apapun, tapi tidak bisa juga.

Karena dengan melakukan Factory Reset, maka isi dari perangkat Android akan kembali seperti baru saja keluar dari pabrik.

Ada 2 cara untuk melalukan Factory Reset. Yang pertama dengan melakukannya langsung dari pengaturan di dalam perangkat Android.
Kamu cukup membuka menu Setting (Pengaturan), lalu buka menu Back up and Reset (Cadangkan dan Reset), lalu pilih Factory Data Reset.

Dan cara kedua adalah cara yang dilakukan tanpa mencadangkan data perangkat. Untuk cara kedua ini sobat bisa cari di google dengan format “Cara Merestart Perangkat Android”.

Dengan me’reset perangkat Android, maka bisa saja Bug yang ada di dalam Software yang telah menjadi masalah tidak terhubungnya perangkat bisa langsung terhapus.

Setelah perangkat di restart, lalu melakukan beberapa registrasi ulang (jika ada), maka sobat bisa langsung mencoba menghubungkan kembali Wifi ke Jaringan tersebut.

Jika semua cara tidak ada yang berhasil, maka cobalah untuk bertanya kepada ahlinya atau tukang service hp.

Artikel Terkait

2 comments

Nambahin aja gan, cara ke enam coba bating hpnya, bakar, lempar batu bata, kubur, terus beli hp yang baru.

Pasti wifinya bakal bisa lagi. (y)

Kampret, langsung dikomen :>)
Kenceng amat lu yak

Malah hancur hpnya ;-(


EmoticonEmoticon