Friday, September 15, 2017

Cara Menghapus Cache Manual dan Otomatis

Sumber foto: https://www.lifewire.com/how-to-clear-cache-2617980


Setiap aplikasi yang Anda instal di dalam smartphone pastilah akan menyisakan cache meskipun Anda sudah menghapus cache android di ponsel Anda. Namun, meskipun keberadaan cache ini memiliki keuntungan tersendiri, yakni mempercepat proses penggunaan aplikasi jika Anda ingin menggunakannya kembali. Tapi keberadaan cache sendiri lebih banyak mengganggu dan memperberat memori penyimpanan android Anda.

Biasanya, banyak orang menggunakan aplikasi untuk membersihkan cache secara otomatis. Hanya saja, cara ini ternyata hanyalah bersifat sementara. Walaupun aplikasi cleaner cache dapat menghapus chache yang tertinggal di dalam file aplikasi secara bersih, namun di waktu kemudian smartphone Anda akan kembali berjalan lambat dan berat. Ini terjadi bukan karena, file itu belum dimusnahkan atau terselip entah di mana, file itu sudah benar-benar hilang. Yang menjadi sebab sekarang adalah cache dari aplikasi cleaner itu sendiri.

Alasan cache menjadi biang keladi sebab terjadinya pelambatan kinerja android adalah karena cache menjadi sarangnya data sampah dari aplikasi yang Anda instal, download, uninstal, dan game-game atau aplikasi yang berhubungan dengan penyimpanan memori. Oleh karena itu, tumpukan data sampah inilah yang mengaharuskan Anda untuk menghapus cache Android agar kinerja smartphone Anda kembali normal.

Menghapus cache secara otomatis
Bagi Anda yang menginginkan cara instan untuk menghapus cache android, tentu saja Anda bisa menggunakan aplikasi pembersih cache yang banyak Anda temukan di playstore. Anda tinggal memilih salah satunya untuk di instal di smartphone Anda.

Hanya dengan klik aplikasi pembersih cache, ponsel pintar Anda yang terasa berat akan segera berjalan lancar dan penggunaannya terasa ringan kembali. Aplikasi cleaner cache juga biasanya memiliki sistem untuk meningkatkan performa andorid Anda, memberikan pemberitahuan jika saatnya tiba untuk melakukan pembersihan berkala terhadap sampah data yang sudah mulai terisi lagi di cache.

Menghapus cache secara manual
1. Dengan membersihkan satu persatu file aplikasi
Untuk menghapus cache android secara manual, Anda bisa menghapusnya satu persatu di setiap aplikasi yang Anda instal.

Carnya, klik setting, kemudian penyimpanan aplikasi. Di dalam penyimpanan aplikasi akan terdapat deretan aplikasi yang sudah Anda unduh. Pilih salah satu, lalu tap. Akan muncul data dari penyimpanan aplikasi termasuk jumlah data cache. Biasanya di bawah jumlah cache akan terdapat tombol 'hapus cache', Anda klik dan android Anda akan membersihkannnya sendiri. Lakukan ini kepada setiap aplikasi yang ingin Anda bersihkan.

2. Membersihkan cache secara keseluruhan
Menghapus cache android secara keseluruhan yaitu tidak dengan cara membersihkan peraplikasi, melainkan menghapus secara keseluruhan. Caranya yaitu, dengan klik setting kemudian manajer aplikasi. Klik pada informasi cache data kemudian tekan hapus data. Maka keseluruhan cache akan terhapus dari semua aplikasi.

3. Memberishkan cache di browser
Cara menghapus cache android yang terdapat di browser juga tidak terlalu susah. Anda tinggal masuk ke dalam aplikasi browser. Di sudut kanan atas akan terdapat titik 3, kemudian klik titik tersebut. Kemudian Anda menuju settingan browser dan tap kembali di panel advance lalu klik opsi privacy. Pada opsi privacy Anda akan bertemu kembali titik tiga yang terdapat di bagian bawah yang akan mengarahkan Anda pada tulisan clear browsing data. Klik dan tunggu arahan untuk meyakinkan apakah Anda benar-benar ingin menghapus atau tidak. Klik ok untuk menghapus dan seketika sampah data dari hasil browsing akan terhapus.


Demikian tips yang bisa Anda gunakan untuk menghapus cache android dari smartphone Anda. Semoga info ini berguna.

Artikel Terkait

1 comments so far

Nice info gan.

Soalnya kadang ane juga suka lupa dimana letak tombol hapus cache browser ane.

Betewe, pertamax ane amankan ea :v


EmoticonEmoticon