Monday, September 18, 2017

4 Cara Ampuh Memperbaiki Memory Card Rusak atau Tidak Terbaca

Kadang secara tidak terduga tiba-tiba saja Memory Card hp kita tidak bisa terbaca, padahal sebelumnya ketika dipakai tidak ada masalah apapun.
Hal ini tentunya akan membuat jengkel, serta bingung karena banyak Data penting yang berada di dalam Memory yang tidak dapat diakses.

Jika tidak berhati-hati dalam mengatasi masalah ini, bisa saja Memory Card yang kamu miliki menjadi tambah rusak, dan akhirnya tidak bisa dipakai lagi untuk selamanya. Serta data-data yang ada di dalamnya pun akan ikut lenyap.

Untuk itulah jika hal ini terjadi jangan langsung gegabah.

Berikut ini CybeRobin.com sudah merangkum informasi tentang 4 Cara Ampuh Memperbaiki Memory Card Rusak ataupun Tidak Terbaca.

Silahkan disimak hingga akhir.

1. Membersihkan Kartu Memory



Hal utama yang bisa kamu coba jika memory card tiba-tiba saja tidak terbaca adalah dengan membersihkan lempengan kuningan tembaga yang ada dibagian memory card.
Tapi sebelumnya kamu harus mematikan dulu hp kamu, lalu mengeluarkan memory card tersebut.

Setelah itu bersihkanlah kuningan tembaga kartu memory tersebut dengan menggunakan penghapus pensil/setip yang berwarna putih.
Gosok perlahan kuningan tersebut dengan setip hingga dirasa cukup bersih. Usahakan untuk tidak menggosoknya terlalu keras.

Setelah itu masukkan kembali memory card kedalam hp, lalu cobalah kembali.

2. Cek Error dari PC



Cara kedua yang bisa kamu lakukan jika cara pertama tidak membuahkan hasil adalah dengan menggunakan bantuan PC untuk mengecek memory card kamu.

Caranya cukup mudah dan cepat, kamu hanya tinggal Menghubungkan Android yang berisikan memory tersebut dengan Laptop atau PC menggunakan Kabel Data.
Dan pastikan bahwa memory card tersebut terhubung dalam MASS Storage Mode (MSC) yaitu dalam keadaan membaca Data, bukan dalam Media Transfer Mode (MTP).

Setelah memory card terbaca, lalu buka Windows Explorer pada bagian Computer/My Computer, jika memory sudah terbaca maka ia akan muncul, silahkan klik kanan pada Drive kartu memory tersebut, lalu pilih Properties > Tools > Check Now pada bagian Eror Checking tersebut.

Tunggu prosesnya hingga selesai.

Setelah selesai, silahkan Ejeck kartu memorinya dan masukkan kembali ke dalam Smarthpone untuk di periksa lagi, apakah sudah terbaca atau belum.

3. Format dari PC



Terkadang memory card bisa saja terbaca jika dihubungkan dengan PC, tetapi jika dimasukkan kembali kedalam hp, maka ia akan kembali bermasalah.
Karena itu, hal yang harus kamu lakukan adalah melakukan format melalui PC, tetapi sebelumnya backup dulu semua data yang ada di dalam memory.

Caranya pertama silahkan buat dulu Folder baru di dalam komputer dengan nama Cadangan Memori. Folder inilah yang nantinya akan menjadi tempat backup isi memori yang bermasalah tadi, agar ketika diformat data bisa diambil kembali dari folder ini.

Lalu Copy seluruh isi dari Memory Card tersebut, dan Paste kan kedalam folder Cadangan Memori tadi.

Jika semua data yang ada di dalam memori sudah kamu salin ke folder tadi, maka langkah selanjutnya silahkan memformat kartu memori tersebut.
Cara memformatnya pun cukup mudah, pada bagian Computer/My Computer di PC, klik kanan pada Drive memory yang terbaca, lalu cari tulisan format dan klik.

Setelah format melalui PC berhasil dan memori kembali seperti baru, silahkan copy kembali semua data yang sudah di backup tadi di folder Cadangan Memory, dan meletakkannya kembali ke dalam memory.

Sekarang silahkan cek kembali, apakah memory sudah terbaca melalui hp atau belum.

4. Melakukan Format dari Android



Jika kedua cara tersebut tidak berhasil juga, terpaksa kamu harus memasuki cara yang bisa menghapus seluruh data yang ada di dalam kartu memori, yaitu dengan cara di Format menggunakan Android.

Kadang masalah memory card tidak terbaca memang harus kembali diformat ulang, agar bisa kembali terbaca.
Karena bisa saja di dalam memory card tersebut terdapat bug atau virus yang menyebabkan kartu memori bermasalah.

Jadi dengan memformat kartu memory, diharapkan semua masalah bisa memghilang.

Cara mem-formatnya pun cukup mudah.
Pada perangkat Android kamu yang sudah dimasukkan kartu memori yang bermasalah, silahkan masuk ke menu Setting (Pengaturan), lalu masuk ke Storage (Penyimpanan).
Di dalam menu tersebut terdapat pilihan Erase SD Card, klik dan tunggu proses format berjalan.

Jika cara memformat berbeda, maka coba cari menu yang serupa di dalam menu Setting/Pengaturan.
Intinya adalah memformat kartu memori hingga bersih seperti baru.

Jika 4 cara diatas tidak membuahkan hasil juga, cobalah untuk memberikan kartu memori tersebut ke tempat service hp atau kepada yang ahli.

Ataupun kamu bisa membeli kartu memori yang baru.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon