Friday, September 15, 2017

3 Fitur Terbaru Android Oreo Yang Harus Kamu Ketahui!



Pada hari senin tanggal 21 Agustus 2017 lalu, pihak Google secara resmi sudah mengumumkan Oreo sebagai nama Sistem Operasi Android yang terbaru yang memiliki versi Android 8.0.
Secara live streaming mereka mengumumkan berita tersebut di New York, Amerika Serikat pada waktu sore setempat.

Walaupun belum semua Pengguna bisa merasakan dan mereview fitur-fitur terbaru dari Android Oreo ini, tetapi para Develover sudah mencoba sebagian fitur Oreo.
Para pengguna juga sudah dipastikan akan bisa memperbaharui OS mereka ke Oreo pada tahun ini, agar mereka juga bisa menikmati fitur-fitur terbarunya.

Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas 3 fitur dari Android Oreo yang cukup penting dan juga menarik perhatian.

Jadi silahkan disimak ulasan berikut ini.

1. Background Limits
Pada fitur ini Android Oreo yang memiliki versi 8.0 ini, akan mengubah cara sejumlah aplikasi dengan mengubah proses Backround (latar belakang).
Kelebihan dari perubahan ini akan berdampak pada daya tahan baterai yang bisa bertahan semakin lama.

Dan Android Oreo juga akan mengidentifikasi ataupun mengawasi aplikasi apa saja yang tidak ada kaitannya dengan pemakaian pengguna yang diam-diam berjalan di layanan latar belakang. Jadi, selain akan semakin menghemat penggunaan RAM, dan mempercepat kinerja Android, fitur ini juga kemungkinan tidak akan berpengaruh pada aplikasi yang memang sedang dijalankan, seperti layanan pemutar musik.

Akan tetapi fitur ini kemungkinan berpengaruh pada aplikasi seperti Snapchat yang berjalan di latar belakang, yaitu feed yang tidak akan di refresh (perbarui).

Berkat fitu inilah Oreo bisa semakin mempercepat kinerja Android dan juga mengurangin besarnya pemakaian daya baterai. Sehingga para pengguna bisa memakai Android mereka untuk waktu yang cukup lama dari biasanya.

2. Autofill API



Banyak sekali pengguna Sosial Media yang sering melupakan password akun mereka sendiri, hal ini sudah menjadi salah satu masalah pengguna yang tidak jarang ditemui.
Walaupun kini juga sudah hadir sejumlah aplikasi Manager Password yang bisa digunakan pemakai Android, namun nyatanya masih tidak cukup nyaman digunakan.

Nah, dengan mengupgrade Android ke versi Oreo (8.0), maka para pengguna bisa menggunakan fitur yang bernama Autofill API.

Dengan adanya Android Oreo, aplikasi-aplikasi bisa mendaftar sebagai penyedia autofill dengan sistem yang dapat memudahkan para pengguna akun yang ingin login.
Caranya mudah saja, pengguna hanya perlu memilih penyedia autofill di pengaturan bahasa dan input, dengan begitu Android  akan meminta rincian login dari aplikasi tersebut.

Sistem ini juga akan dilengkapi dengan pemindai sidik jari dan metode unlock yang aman, sebelum memuat data akun.
Jadi kemanannya sudah sangat terjamin, dan para pengguna kini tidak perlu khawatir lagi jika lupa dengan password akun sosmednya.

3. Picture-in-Picture mode



Fitur yang terakhir adalah fitur yang bisa membuat para pengguna Oreo untuk menonton sebuah video sambil melakukan kegiatan-kegiatan lainnya di layar Smarthphone mereka, berkat fitu yang bernama Picture-in-Picture (PiP) mode.

Memang fitur ini sudah pernah muncul di dalam Android Nougat, tetapi tidak disemua perangkat. Hanya tersedia untuk perangkat Android TV.
Tetapi kini fitur canggih ini bisa digunakan para pengguna ponsel dan tablet.

Tetapi yang harus pengguna tahu adalah tidak semua aplikasi video yang bisa menggunakan fitur ini. Hanya aplikasi yang sudah mendukung video PIP saja yang bisa digunakan.
Misalnya seperti aplikasi Chrome, Youtube, dan VLC.

Seperti biasa, untuk bisa memperkecil tampilan video, para pengguna pasti harus menonton dulu video tersebut dalam mode fullscreen.
Sama seperti fitur ini, para pengguna harus memutar terlebih dahulu video secara fullscreen dan tap tombol “Home”, lalu ukuran video pun akan mengecil dan pengguna bisa melakukan sebagian aktifitas lainnya sambil tetap menonton video.

3 Fitur ini hanyalah merupakan contoh sederhana dari sejumlah hal yang telah diberikan oleh Android Oreo ini.
Untuk pemberitahuan bahwa Nexus dan Pixel sendiri akan segera menerima pembaruan Oreo dalam waktu dekat ini.

Sedangkan perangkat lainnya akan segera menyusul.

Artikel Terkait

2 comments

Amankan pertamax dulu gan 8-)

Mantaf nih, fitur autofillnya pas banget buat jones yang pelupa kayak ane. Tapi ntah kenapa ane selalu aja ingat sama mantan ;-(

Moga di indonesia cepat rilisnya gan, biar bisa nengok doang, belinya ntar tunggu udh jadi anak sultan :v

Mantap, jadi pengen ganti hp yang udah pake os oreo :D

Nunggu updetan hp nya :D


EmoticonEmoticon